Akhirul Kalam

Posted: 24 Juni 2010 in Kajian
Tag:

Akhirul Kalam

Oleh : H Hartono Ahmad Jaiz

Setelah kita bicarakan tentang aneka bahaya yang mengintai dan berkeliaran di seputar kita, kita tersadarkan bahwa sebenarnya kondisi kita ini bagai berhadapan dengan jarum-jarum beracun bahkan mengandung narkoba (narkotika dan obat-obat terlarang) yang sifatnya mengancam keimanan dan keislaman. Kini tiba gilirannya untuk mengakhiri pembicaraan.

Pada intinya, betapa jauh antara ketinggian dan keteguhan manusia-manusia teladan pada periode awal Islam, yakni tiga generasi terbaik (sahabat, tabi’in, dan tabi’it tabi’in) dalam memegangi Islam dan mengamalkannya, kalau dibandingkan dengan kondisi ummat Islam di zaman kita yang dikerubuti oleh aneka kesesatan, penyelewengan, dan pengaburan. Jauhnya perbedaan itu sering tidak kita sadari, sehingga tidak jarang di kalangan kita sekarang sering kita temui orang-orang yang seenak udelnya melontarkan tuduhan ataupun tudingan kepada para sahabat Nabi saw dengan asumsi bahwa mereka pun suka berdusta seperti halnya kita. Padahal, di antara sesama kita pun akan marah kalau dituduh sembarangan, walaupun akhlaq di kalangan kita relatif telah sangat longgar dari rasa malu.

Meskipun demikian,  dari secercah ketidak terimaan apabila dituduh sembarangan itu, sebenarnya di zaman kini pun masih bisa diharapkan adanya perbaikan dari berbagai seginya. Oleh karena itu, sebagai penutup pembahasan masalah-masalah yang mengancam bagi keimanan dan keislaman dalam buku ini mari kita tutup dengan mengaca diri. Kita bandingkan antara perilaku para sahabat Nabi saw dengan keberanian kita di masa kini dalam melanggar agama dan mempermain-mainkannya. Berikut ini gambaran singkatnya.

Wabah Kolusi ke Agama

Seorang laki-laki telah datang kepada Rasulullah SAW. Ia berkata, “Aku lapar.” Maka Rasulullah kepada isteri-isterinya menanyakan makanan, tapi tidak ada, beliau bersabda: “Apakah tidak ada seorang yang mau menerima orang ini sebagai tamu malam ini? Ketahuilah bahwa orang yang mau menerima laki-laki ini sebagai tamu (dan memberi makan) malam ini, akan diberi rahmat oleh Allah.”

Berkata Abu Thalhah seorang dari golongan Anshar: “Saya ya Rasulullah”. Maka ia pergi menemui isterinya dan berkata, “Hormatilah tamu Rasulullah”.

Isterinya menjawab: “Demi Allah, tidak ada makanan kecuali makanan untuk anak-anak”.

Suaminya berkata: “Apabila anak-anak hendak makan malam, tidurkanlah mereka, padamkanlah lampu biarlah kita menahan lapar pada malam ini, agar kita dapat menerima tamu Rasulullah.” Maka hal itu dilakukan isterinya.

Pagi-pagi besoknya Abu Thalhah menghadap Rasulullah SAW menceritakan peristiwa malam itu dan beliau bersabda, “Allah SWT benar-benar kagum malam itu terhadap perbuatan suami-isteri tersebut .”[1]

Peristiwa itu merupakan salah satu sebab turunnya ayat 9 Surat Al-Hasyr/59:

والذين تبوءوا …………………………………………..         هم المفلحون.

Artinya:

“Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) di atas diri mereka sendiri, sekaligus mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung   .”

Diriwayatkan pula oleh Al-Wahidi dari Muharib bin Ditsar dari Ibnu Umar bahwa seorang sahabat Rasulullah dari golongan Anshar diberi kepala kambing. Timbul pikirannya, “mungkin orang lain lebih memerlukan dari aku.” Seketika itu juga kepala kambing itu dikirimkan kepada kawannya, tetapi oleh kawannya itu dikirim pula kepada kawannya yang lain, sehingga kepala kambing itu berpindah-pindah pada tujuh rumah dan akhirnya kembali ke rumah orang yang pertama.

Sebegitu besar kesetiaan para sahabat Nabi kepada sesamanya dalam ukhuwah Islamiyah yang benar-benar terjalin antara hati dengan hati. Hingga mereka mendahulukan kepentingan kawannya dibanding kepentingan diri sendiri, sekalipun dirinya sendiri butuh dan bahkan dalam keadaan sempit.

Dalam kondisi ukhuwah Islamiyah yang sangat bertenggang rasa itu tidak ada pula yang menggunakan kesempatan, mumpung orang lagi mau berbaik-baik pada orang lain. Tidak. Mereka yang  sangat membutuhkan pertolongan orang lain pun tidak merengek-rengek, hingga tidak nampak bahwa mereka itu butuh. Sikap itu pun dihargai oleh Allah, sehingga langsung Allah membela mereka dengan firman-Nya:

للفقراء الذين………………………………………………..   فإن الله به عليم.

Artinya:

“(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah. Mereka tidak dapat (berusaha) di bumi. Orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya, karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifat mereka. Mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui”. (Al Baqarah: 273).

)    Gejala Masa Kini dan jalan keluarnya

Betapa indahnya jalinan ukhuwah Islamiyah di kalangan para sahabat Nabi SAW. Namun, contoh yang baik itu kini tidak tampak di masyarakat Muslim. Mereka yang berkecukupan saat ini berhadapan sikap dengan yang miskin. Yang kaya boleh jadi serakah dan kikir, sedang yang miskin boleh jadi tama’ dan loba. Hingga tak ketemu antara keduanya.

Pada gilirannya, yang ketemu bahkan ikan di laut luas, di sela-sela karang, bahkan di sela-sela kaki buaya tetap dikejar-kejar dan ditangkap, dimasukkan di aquarium dan dipajang di etalase, diberi makan dengan menu khusus. Itulah ikan Arwana yang ditangkap dari sela-sela perut buaya di laut luas sana. Namun, rintihan dan jeritan orang miskin yang lapar dan sakit-sakitan di seberang rumah, mungkin tak ketangkap oleh hati kita. Ada pula perkutut di pucuk pohon di hutan belantara. Ia dikejar, ditangkap dan dimasukkan ke kurungan emas di rumah gedung indah, dipiara dengan pelayanan khusus. Tapi anak-anak yatim yang terlantar di seberang jalan tak tertangkap oleh mata dan matahati kita. (Lebih buruk lagi, bahkan ada penguasa yang sengaja membubarkan lembaga yang mengurusi panti-panti anak-anak yatim. Akibatnya panti-panti asuhan terutama yang Islam tidak mendapatkan jatah dana lagi setiap bulannya. Akibatnya lagi, pihak Nasrani yang punya dana kuat dan kemungkinan besar mendapatkan dana internasional lebih berleluasa untuk “menjarah” anak-anak yatim untuk dinasranikan. Jadi, diam-diam pembubaran lembaga tersebut oleh seorang penguasa yang diduga pro Yahudi dan Nasrani itu merupakan program besar nasranisasi di Indonesia yang penduduknya 210 juta mayoritas Islam ini). Ketidak pedulian kita terhadap orang lemah juga ditunjukkan dengan memelihara anjing-anjing dari seberang negeri, sengaja didatangkan untuk “menghiasi” rumah. Dilayani dan dimanjakan dengan penuh perhatian. Tapi, janda tua renta di belakang rumah yang menjerit kelaparan dan dililit utang, tak tertangkap aduhannya.

Astaghafirullahal ‘Adhiem, binatang-binatang di laut, di hutan, dan di seberang negeri itu makin langka karena banyak ditangkap, dan otomatis kemudian harganya mahal, namun tetap dikejar. Sedang orang-orang terlantar, anak-anak yatim dan miskin itu makin banyak dan berserakan, namun mereka tidak “tertangkap” oleh hati nurani insani yang telah “mati”. Lebih buruk lagi, bahkan anak-anak yatim dan orang-orang lemah itu sengaja dibiarkan bahkan diprogramkan agar “dimangsa” oleh para pemurtad-pemurtad yang siap sedia setiap saat untuk memurtadkan Muslimin yang lemah-lemah ekonomi dan imannya. Wabah apa ini?

Penyakit hati tak punya iba semacam itu di dalam Al-Quran dikecam sebagai tingkah mendustakan addien (agama, hari pembalasan/ akherat). Namun kini penyakit itu justru bisa bergabung dengan penyakit menjual agama, menjual Muslimin sebagai “mangsa” pemurtadan. Terjadilah kolusi antara pendusta agama dengan penjual agama, satu bentuk kolusi yang benar-benar gawat. Bagaimana bisa terjadi? Mudah saja. Pintu-pintu yang mengarah kepada kekuatan Muslimin ditutup erat-erat, sedang pintu-pintu yang menjurus kepada lalu lalangnya para pemangsa Muslimin untuk dimurtadkan maka dibuka lebar-lebar.

Dari sisi lain, ada model yang unik pula. Misalnya, di saat-saat peringatan 1000 hari matinya tokoh pendusta agama itu (peringatan kematian itu sendiri sebenarnya suatu bid’ah, karena tidak diajarkan dalam Islam) seorang penjual agama berpidato, misalnya:

Saudara-saudara yang kami muliakan. Jasa almarhum Tuan Anu yang kita peringati 1000 harinya ini tidak banyak orang tahu. Padahal, jasa itu cukup menonjol dalam agama. Beliau telah memberi jaminan makan terhadap anjingnya selama 10 tahun dengan daging rata-rata 0,5 kg per hari. Padahal, sekali memberi minum anjing yang kehausan saja, seorang pelacur telah diampuni dosanya, gara-gara menyayangi anjing yang kehausan itu. Lantas, kalau diukur, berapa kali lipat nilai pahala almarhum ini yang telah 10 tahun menyayangi anjingnya dengan aneka pelayanan. Maka cukuplah jasanya terhadap anjing itu akan menghantarkannya ke surga.

(Gambaran pidato itu sekadar suatu analogi dengan adanya seorang ahli tafsir lulusan Mesir yang pernah berpidato dalam upacara peringatan 40 hari / atau entah 100 hari meninggalnya isteri presiden masa orde baru, Ny Tien isteri Presiden Soeharto, di kediaman sang presiden Jl Cendana Jakarta. Di antara isi pidatonya adalah memuji-muji jasa mendiang, memprakarsai pembangunan museum yang disebut Baitul Qur’an di Taman Mini Indonesia Indah. Sedemikian drastisnya pemujian itu hingga dikaitkan dengan surga, seakan yang berpidato itu memberikan katabelece untuk masuk surga. Pidato itupun disiarkan langsung oleh televisi saat itu. –Sementara itu di kampung penulis ada berita yang beredar, tukang memandikan mayat di kampung penulis yang memandikan mayat Nyonya itu dijanjikan untuk naik haji gratis, namun ditunggu-tunggu sampai kini tidak pernah janji itu terwujudkan–. Sebaliknya, ternyata profesor yang pidato itu kemudian diangkat menjadi  menteri agama, namun baru 70 hari menduduki kursi tahu-tahu bossnya yakni sang presiden dilengserkan/ diturunkan ramai-ramai oleh demonstran secara massal yang terdiri dari puluhan ribu mahasiswa selama berhari-hari, akhirnya turun dari jabatan presiden, sedang yang pidato tadipun otomatis habis masa lakunya sebagai menteri/ pembantu presiden 1998).

Penjual agama dan pendusta agama (bukan mayat yang diperingati itu, tetapi orang yang masih hidup) telah berkolusi, diumumkan di depan khalayak ramai. Seolah penjual agama memberikan katabelece kepada mayat keluarga pendusta agama untuk masuk surga. Padahal masalah surga dan diterimanya amal adalah masalah ghaib, hanya Allah sajalah yang tahu. Namun karena adanya pidato seorang profesor yang seperti itu, maka orang awam agama (walau mungkin intelek) pun manggut-manggut, tidak faham bahwa itu semua adalah kata-kata dan tingkah dusta. Atau paling kurang adalah melangkahi hak dan wewenang Allah SWT.

Coba kita bandingkan dengan peristiwa di masa Nabi Muhammad saw berikut ini:

“Bahwa Utsman bin Madh’un ra, seorang sahabat pilihan, ketika wafat, sedang Rasul saw hadir di sisinya dan mendengar seorang sahabat besar perempuan (shahibyyah)  Ummu Al-‘Ala’, berkata: “Kesaksianku atasmu Abu As-Saib (Utsman bin Madh’un), bahwa Allah sungguh telah memuliakanmu.” Maka Rasul SAW membantahnya dengan berkata:

وما يدريك أن الله قد أكرمه؟

“Wa maa yudriika annallooha qod akromahu?”

“Bagaimana kamu tahu bahwa Allah sungguh telah memuliakannya?”

Ini adalah peringatan yang besar dari Rasul SAW kepada sahabat wanita ini karena dia telah menetapkan hukum dengan hukum yang menyangkut kegaiban. Ini tidak boleh, karena tidak ada yang menjangkau hal gaib kecuali Allah SWT. Tetapi Shahabiyyah (sahabat wanita) ini membalas dengan berkata:

Subhanallah, ya Rasulallah! Siapa (lagi) kah yang akan Allah muliakan kalau Dia tidak memuliakannya?”

Artinya, jika Utsman bin Madh’un ra tidak termasuk orang yang dimuliakan Allah SWT, maka siapa lagi yang masih tersisa pada kita yang akan dimuliakan Allah SWT. Ini jawaban yang sangat mengena dan signifikan/ cukup bermakna. Tetapi Rasul SAW menolaknya dengan ucapan yang lebih mengena dari itu, di mana beliau bersabda:

والله إني لرسول الله لا أدري ما يفعل بي غدا.

Walloohi innii larosuululloohi laa adrii maa yaf’alu bii ghodan.”

Demi Allah, saya ini benar-benar utusan Allah, (tetapi) saya tidak tahu apa yang Dia perbuat padaku esok.”

Ini adalah puncak perkara. Rasul sendiri yang dia itu orang yang dirahmati dan disalami oleh Allah, beliau wajib berhati-hati dan mengharap rahmat Allah. Dan di sinilah Ummu Al-‘Ala’ sampai pada hakekat syara’ yang besar, maka dia berkata:

Demi Allah, setelah ini saya tidak akan menganggap suci terhadap seorang pun selama-lamanya.” [2]

Jelaslah bagi kita, betapa masalah ghaib adalah perkara besar, dan tidak diketahui oleh siapapun, sampai Nabi Muhammad SAW sekalipun, kecuali hanya Allah SWT. Lantas sahabat Nabi saw yang diberi keterangan demikian, dia terus berjanji untuk sangat bersikap hati-hati sekali.

Demikianlah di antara rambu-rambu yang ada di dalam Islam. Dalam berbagai hal, para sahabat Nabi saw mengamalkan perintah dan menjauhi larangan secara ikhlas, sesuai dengan aturan yang ada. Sedang apabila berkaitan dengan hubungan sesama manusia maka berbentuk ukhuwah Islamiyah yang saling menyayangi (ruhamaa’u bainahum), dan asyiddaa’u ‘alal kuffaar (bersikap tegas terhadap orang-orang kafir). Apabila bersalah atau keliru maka cepat-cepat bertobat dan kembali kepada kebenaran, serta tidak akan mengulanginya. Bukan malah ngotot.

Kalau dibandingkan dengan kondisi kita sekarang, kita temukan pemandangan yang kontras sekali. Kisah sahabat Nabi saw tersebut (di alenia awal tentang solidaritas Islam  yang sangat tinggi, dan juga pada riwayat Shahabiyyah Ummu Al-‘Ala’ tentang keharusan berhati-hati mengenai bicara agama terutama hal ghaib), mereka adalah jelas menegakkan dan mengamalkan agama dengan sangat teguh, sedang kisah kolusi dalam kehidupan masa kini itu adalah menyepelekan agama, sembrono, bahkan ada yang sampai merusak agama dengan sangat liciknya. Sadarlah kita, beginilah keadaannya. Mari kita perbaiki diri kita dengan kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman dan pengamalan generasi terbaik, yaitu tiga generasi awal Islam (Shahabat, Tabi’ien, dan Tabi’it Tabi’ien) secara konsisten, konsekuen, dan istiqomah. Itu secara pribadi-pribadi. Sedang secara tanggung jawab bersama, perlu kita sadari bahwa gejala rusak yang melanda sekarang ini akan menumbuhkan satu generasi rusak agamanya yang parah. Bila satu generasi telah rusak parah agamanya, maka kemungkinan besar akan mewariskan generasi yang lebih parah, atau paling kurang adalah sama parahnya dengan sebelumnya. Maka, sebelum kerusakan ini menumbuhkan satu generasi yang rusak parah, hendaknya Muslimin yang sadar akan pentingnya manhaj shahih dalam Islam mengadakan musyawarah, bagaimana menghadapi masalah amat gawat ini. Pertama, perlu dimusyawarahkan langkah-langkah untuk memasyarakatkan kesadaran bahwa sekarang ini Ummat Islam dilanda kerusakan dari aneka seginya. Jadi Ummat Islam secara keseluruhan perlu disadarkan masalah bahaya yang melanda diri mereka selama ini. Kedua, perlu dimusyawarahkan langkah-langkah untuk memasyarakatkan atau menda’wahkan Islam dengan manhaj yang shahih secara sistematis, terencana rapi, dan tidak menyimpang dari  pola yang telah ditempuh Nabi Muhammad saw dan diwarisi oleh generasi awal Islam yang bisa mengubur adat jahiliyah berganti dengan Islam. Di sini peran muballigh, khothib, imam masjid, para guru agama/ ustadz dan tokoh Islam pada umumnya, bahkan Ummat Islam secara umum sangat diperlukan untuk digalang maju bersama di atas jalan yang benar. Dan di situ pula masih tetap harus merujuk kepada firman Allah SWT:

فإن تنازعتم في شيء فردوه إلى الله والرسول إن كنتم تؤمنون بالله واليوم الأخر، ذلك خير وأحسن تأويلا.

“Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan  hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS An-Nisaa’/ 4:59).

Perlu disadari, tidak ada lain yang mau mendandani, memperbaiki atau memulihkan kembali Ummat Islam ini kecuali diri Muslimin sendiri. Sementara itu sebagian orang yang mengaku dirinya Muslim ternyata telah banyak yang secara terang-terangan merusak Islam dan Ummat Islam. Bahkan kadang mereka bergabung –secara sengaja atau tidak– dengan musuh-musuh Islam. Sedangkan kondisi Ummat Islam sendiri rawan dari berbagai seginya terutama rawan ilmu agamanya dan keteguhannya. Dari sinilah tampak benar bahwa syari’at jihad itu wajib diamalkan/ dipraktekkan, baik secara fisik maupun secara mental dan pemikiran. Dan di situlah lahan luas untuk memperjuangkan agama Allah itu tersedia kapan saja. Jangan sampai disia-siakan. Karena tegaknya agama itu di antaranya adalah dengan jihad. Hal itu diakui dan disadari sama sekali oleh musuh-musuh Islam, maka syari’at jihad itu pula yang menjadi bidikan utama dan pertama untuk mereka rusak. Maka marilah kita kembalikan dan fungsikan lagi syari’at jihad itu pada proporsinya, kita kembalikan Islam ini pada aslinya, dan kita amalkan semuanya itu lillahi Ta’ala. Insya Allah perusakan yang telah segencar-gencarnya ini akan bisa kita tanggulangi, dengan idzin dan pertolongan dari Allah SWT.  Ingatlah bahwa Allah SWT telah menegaskan, sehebat-hebatnya upadaya syetan itu adalah lemah.

الذين أمنوا يقاتلون في سبيل الله والذين كفروا يقاتلون في سبيل الطاغوت فقاتلوا أولياء الشيطان إن كيد الشيطان كان ضعيفا.

Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, sebab itu perangilah kawan-kawan syetan itu, karena sesungguhnya tipu daya syetan itu adalah lemah.” (QS An-Nisaa’/ 4:76).

Di samping Allah SWT menegaskan lemahnya tipu daya syetan, masih pula Allah SWT menjelaskan bahwa posisi Muslimin itu adalah paling tinggi derajatnya, tidak boleh merasa hina dan bersedih hati.

ولا تهنوا ولا تحزنوا وأنتم الأعلون إن كنتم مؤمنين.

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS Ali ‘Imran/ 3:139).

Jaminan Allah SWT bahwa tipu daya syetan itu lemah, sedang derajat orang-orang yang beriman itu paling tinggi asal memang benar-benar beriman adalah modal dasar yang amat tinggi dan besar nilainya bagi orang-orang yang mempertahankan keimanan dan melawan kebatilan yang ditawarkan antek-antek syetan. Oleh karena itu marilah kita memohon kepada Allah SWT agar Ummat Islam diberi kekuatan untuk mempertahankan keimanan dan melawan kebatilan yang ditawarkan oleh syetan dan konco-konconya itu, sehingga Ummat Islam mampu menegakkan hukum Allah SWT di bumi-Nya ini dengan mengalahkan hukum-hukum Thaghut bikinan syetan yang tipudayanya lemah itu. Sehingga terwujud masyarakat Islami yang istiqomah dalam mengamalkan Islam, tegar menghadapi musuh, dan ikhlas dalam beramal, serta bersemangat untuk mewariskan generasi yang konsisten dengan Islam.

Mudah-mudahan Allah SWT memberkahi Ummat Islam yang konsisten/ istiqomah, hingga menepati jalan-Nya sampai akhir hayat. Amien, ya Rabbal ‘aalamien.


[1] (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi dan An-Nasaai dari Abu Hurairah/ Al-Quran dan Tafsirnya Depag RI: X, 6.)

[2] (HR Al-Bukhari 3/385, 6/223 dan 224, 8/266 dalam Fathul Bari, dan Ahmad 6/436 dari Ummu al-‘Ala’ Al-Anshariyah binahwihi, lihat buku H Hartono Ahmad Jaiz, Rukun Iman Diguncang, Pustaka An-Naba’, Jakarta, cetakan II, 2000, halaman 73-74, dan buku Gus Dur wali? Mendudukkan Tasawuf, Darul Falah, Jakarta, 1999/ 2000, halaman 7-8).

Komentar
  1. […] orang sebelum melangsungkan pernikahan biasanya ‘berpacaran’ terlebih dahulu, hal ini biasanya dianggap sebagai masa […]

    Suka

  2. […] orang sebelum melangsungkan pernikahan biasanya ‘berpacaran’ terlebih dahulu, hal ini biasanya dianggap sebagai masa perkenalan […]

    Suka

  3. […] “MURSAL, karena Mu’adz bin (Abi) Zur’ah seorang Tabi’in bukan shahabat Nabi SAW. (hadits Mursal adalah : seorang tabi’in meriwayatkan langsung dari Nabi SAW, tanpa perantara shahabat). […]

    Suka

  4. […] lebih kubenci dari Muhammad. Tetapi setelah aku meninggalkan kota itu, tiada seorang pun di muka bumi yang lebih kucintai selain Muhammad […]

    Suka

  5. […] lebih kubenci dari Muhammad. Tetapi setelah aku meninggalkan kota itu, tiada seorang pun di muka bumi yang lebih kucintai selain Muhammad […]

    Suka

Tinggalkan komentar