Lawan Bergusti

Posted: 9 Juni 2010 in Perihal Hiburan
Tag:

Rasulullah s.a.w. pernah gusti dengan seorang laki-laki yang terkenal kuatnya, namanya Rukanah. Permainan ini dilakukan beberapa kali. (Riwayat Abu Daud).

Dalam satu riwayat dikatakan: “Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. gusti dengan Rukanah yang terkenal kuatnya itu, kemudian ia berkata: domba lawan domba. Kemudian Nabi bergusti, dan ia berkata: berjanjilah dengan saya. untuk lain kali lagi, lantas Nabi bergusti, dan ia berkata: berjanjilah dengan saya, lantas Nabi bergusti untuk ketiga kalinya. Lantas seorang laki-laki itu bertanya: Apa yang harus saya katakan kepada keluargaku? Nabi menjawab: Katakan “domba telah dimakan oleh serigala, dan larilah domba.” Kemudian apa pula yang aku katakan untuk yang ketiga? Nabi menjawab: Kami tidak dapat mengalahkan kamu untuk bergusti dengan kamu dan untuk mengalahkan kamu, kerana itu ambillah hadiahmu.”

Dari hadis ini ahli-ahli fiqih beristimbat hukum tentang dibenarkannya pertandingan lari cepat, baik dia itu dilakukan antara laki-laki dengan laki-laki atau antara laki-laki dengan perempuan mahramnya atau dengan isteri-isterinya.

Dari hadis-hadis itu pula ulama fiqih berpendapat bahawa pertandingan lari cepat, gusti dan sebagainya tidak menghilangkan kekhusyukan, kehormatan, pengetahuan, keutamaan dan lanjutnya umur. Sebab Rasulullah s.a.w. sendiri waktu bergusti dengan Aisyah sudah berumur di atas 50 tahun.

Komentar
  1. […] Komentar Terakhir Waspadai Bahaya Berpacaran Serta Mengenal Jenis – Jenis Perzinahan, Zinah Mata, Zinah Tangan, Zinah Kaki, Yang Tiap-Tiap Perzinahan Itu Akan Dibenarkan Maupun Diingkari Oleh Kemaluan « Tausiyah In Tilawatun Islamiyah pada Perlombaan Lari CepatWaspadai Bahaya Berpacaran Serta Mengenal Jenis – Jenis Perzinahan, Zinah Mata, Zinah Tangan, Zinah Kaki, Yang Tiap-Tiap Perzinahan Itu Akan Dibenarkan Maupun Diingkari Oleh Kemaluan « Tausiyah In Tilawatun Islamiyah pada Main AnggarWaspadai Bahaya Berpacaran Serta Mengenal Jenis – Jenis Perzinahan, Zinah Mata, Zinah Tangan, Zinah Kaki, Yang Tiap-Tiap Perzinahan Itu Akan Dibenarkan Maupun Diingkari Oleh Kemaluan « Tausiyah In Tilawatun Islamiyah pada Lawan Bergusti […]

  2. […] yang begitu  cantik seperti yang dia miliki. Matanya bersinar indah, penuh kehangatan dan penuh  cinta,  ketika  dia  berbicara,  seakan2  waktu  berhenti  berputar  dan  terpana  dengan […]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s