Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubungan Kitab Tersebut Dengan Paulus

Posted: 17 Agustus 2010 in Kristologi
Tag:, , , , ,

ALLAH-name on tomatoKitab ini diturunkan pada Nabi Isa a.s dalam bahasa Yahudi Kuno (Ibrani).

Kitab pertama yang asli telah dimusnahkan oleh Paulus dari pihak Gereja Pauline pada 325 M. Semua naskah Injil yang bertentangan dengan Injil resmi kerajaan Romawi saat itu dibakar. Siapa saja yang memiliki salinan naskah asli dihukum mati. Kitab Injil tertua saat ini ada dalam bahasa Yunani Kuno, bukan Yahudi kuno (Ibrani).

Terdiri dari :
Kitab Perjanjian Lama (Old Testament) yang berisi Taurat dan Zabur
Kitab Perjanjian Baru (New Testament) yang berisi Injil Markus, Matius, Lukas dan Yahya, perkataan Nabi Isa dan surat pendakwah (Paulus)

Siapakah Yang Menulis Injil.Di dalam kitab Injil terdapat 2 bagian yaitu Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru. Namun begitu Umat Kristian melarang penganutan terhadap Kitab Perjanjian Lama. Sebelum diadakan usaha-usaha membentuk kitab Perjanjian Baru, kitab Injil terdiri daripada 75 bab / surah. Surah ini dikarang oleh perseorangan atau kumpulan pendeta. Inilah yang menyebabkan kitab tersebut mengandung banyak pertentangan dan perbedaan yang serius dan nyata. Pengumpul-pengumpul kitab tersebut juga tidak hidup semasa zaman Nabi Isa atau tatkala Nabi Isa masih hidup. Kebanyakan mereka lahir selepas 20-40 tahun setelah peristiwa penyaliban.Kitab Perjanjian Baru ini baru ada semasa persidangan Nicea pada tahun 325 M di mana semua ketua gereja berkumpul untuk menentukan kembali isi kitab Injil. Sejumlah 27 risalah saja dari sekian banyak risalah ditentukan sebagai yang betul, setelah itu 27 risalah ini dijilidkan menjadi kitab Perjanjian Baru.

Kitab perjanjian ini terdiri dari sejarah dan pelajaran. Bagian sejarah terkandung dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yahya. Sementara bagian pelajaran terdiri dari 21 risalah yaitu : 14 risalah Paulus, 3 risalah Yahya, 2 risalah Petrus, 1 Yakub dan Yahuda.

Injil Matius

Nama Injil Matius diambil dari nama pendeta Matius dari gereja Alexandria Mesir dalam bahasa Hebrew. Beliau dipercayai sebagai orang pertama yang menghasilkan risalah kandungan sejarah. Hasil karangan Matius ini dikarang 20 – 27 tahun setelah Nabi Isa tiada. Bahkan kitab asli karangan Matius sendiri telah hilang, ini diakui sendiri oleh umat Kristian. Setelah itu injil dalam Bahasa Yunani dijumpai, dan dikatakan sebagai Injil karangan Matius. Banyak tokoh Kristian menolak pendapat bahwa Injil ini merupakan karangan Matius, tetapi sebaliknya merupakan karangan gurunya, Petrus.

Injil Lukas

Injil Lukas diambil dari nama pendeta Lukas dari tahun 25 – 30 M. Beliau juga tidak pernah bertemu Nabi Isa. Banyak tokoh Kristian sendiri mengakui bahwa Injil karangan Lukas merupakan fakta palsu yang bukan merupakan ajaran Nabi Isa. Sebenarnya beliau mengarang injil ini disebabkan tekanan gereja waktu itu. Begitu juga dengan Markus dan Yahya. Kesemuanya tidak pernah hidup sezaman dengan Nabi Isa.

Injil Yahya

Kitab Injil Yahya diambil dari nama pendeta Yahya atau lebih dikenal sebagai Yohanes. Beliau merupakan putera saudara perempuan Maryam yaitu ibu Nabi Isa. Yahya mengarang injilnya dalam bahasa Yunani antara tahun 45 – 65 M. Banyak pendeta meragukan kandungan Injil Yohanes ini. Bahkan Encyclopedia Britanica menegaskan bahwa Injil yahya tidak syak lagi di karang oleh seorang mahasiswa Institusi Iskandariah dan bukannya karangan Yahya.

Persoalan mengapa di dalamnya berisi Taurat juga tidak dapat di jawab dengan pasti dan tepat. Ini mungkin juga merupakan bukti bahwa orang Yahudi selalu ingin memalsukan fakta Injil asli, karena bagi mereka, Yahudi, mereka senang bila dapat menyesatkan kaum Kristian dari ajaran asli Nabi Isa, dan mereka berhasil.

Persidangan Nicea

Menurut perkiraan para ahli sejarah, kitab Injil yang masih asli belum diikuti campur tangan para pendeta, masih ada hingga 325 M. Setelah tahun 325 M, kitab ini mulai dinodai oleh Raja Konstantin Roma pada Persidangan Nicea. Karena semasa persidangan ini terdapat perdebatan dan pertentangan pendapat mengenai ketuhanan dan kenabian Isa, perdebatan dalam ajaran pokok, akidahnya. Satu pendapat (Golongan Arius) mengatakan bahwa Nabi Isa hanyalah seorang manusia dan Nabi yang membawa ajaran agama dari Tuhan. Satu pihak lagi mengatakan bahwa Nabi Isa ialah “anak Tuhan”.

Pendapat tentang Isa “anak tuhan” ini didukung oleh pihak gereja dari Alexandria yang diketuai oleh penolong Bishop Iskandariah bernama Athanasius.

Raja Konstantin mempunyai niat tersirat untuk campur tangan dalam hal agama, demi menjaga hak politiknya agar tidak jatuh ke tangan orang lain. Semasa persidangan tersebut, sebanyak 2048 orang Uskup telah hadir untuk membincangkan perselisihan pendapat mengenai Nabi Isa.

Sebanyak 1730 orang telah setuju bahwa Nabi Isa adalah seorang manusia biasa yang diutus Allah, 318 orang mengatakan bahwa Isa ialah Anak Tuhan. Walau bagaimanapun majoritas pendapat ini ditolak mentah-mentah Raja Konstantin dan mengambil pendapat minoritas, yaitu Nabi Isa adalah seorang anak Tuhan.

Arius ketua pendukung bahwa Nabi Isa bukan anak Tuhan.

Arius (250-336 M) adalah salah seorang murid utama Lucian berbangsa Libya yang juga bersama-sama dengan gurunya menegakkan ajaran Tauhid kepada Allah, Arius merupakan seorang presbyter (ketua majelis agama /gereja) digereja Baucalis Alexandria, salah satu gereja tertua dan terpenting di kota itu pada tahun 318 M.

Sejak mangkatnya Lucian pada tahun 312 M ditangan orang-orang gereja Paulus, perlawanan Arius terhadap doktrin Trinity semakin memuncak, dan dalam perjuangannya ini, Arius mendapatkan dukungan dua orang saudara Kaisar Constantin yang bernama Constantina dan Licunes.

Arius dianggap sebagai seorang pemberontak Trinity dengan mendasarkan

teori:
“Jika Jesus itu benar-benar anak Tuhan atau Tuhan itu sendiri, maka Bapa harus ada lebih dahulu. Oleh karena itu harus ada “masa” sebelum adanya anak. Artinya anak adalah makhluk. Maka anak itu pun tidak selamanya ada atau tidak abadi. Sedangkan Tuhan yang sebenarnya haruslah abadi, berarti Jesus tidaklah sama dengan Tuhan.

Atas pandangan Arius tersebut, sebanyak 100 orang pendeta Mesir dan Libya berkumpul untuk mendengar pandangan Arius. Pada waktu inilah juga Arius mengemukakan kembali pendangannya :
“Ada masa sebelum adanya Jesus, sedangkan Tuhan sudah ada sebelumnya. Jesus ada kemudian, dan Jesus hanyalah makhluk biasa yang bisa binasa seperti makhluk-makhluk lainnya. Tetapi Tuhan tidak mungkin binasa.”

Arius memperkuat pendapatnya dengan sejumlah ayat-ayat Bible seperti Yohanes 14:8, “Bapa lebih besar daripada Jesus”; Seandainya kita mengakui bahwa Jesus adalah sama dengan Tuhan, maka kita harus menolak kebenaran ayat Yohanes tersebut.

Pendapat Arius ini secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut : „Jika Jesus memang “anak Tuhan”, maka akan segera disertai pengertian bahwa “Bapak Tuhan” haruslah ada terlebih dahulu sebelum adanya sang “Anak”.

Oleh sebab itu tentulah akan terdapat jurang waktu ketika “Anak” belum ada. Oleh karena, “Anak” adalah makhluk yang tersusun dari sebuah “esensi” atau makhluk yang tidak selalu ada. Dan Tuhan merupakan suatu zat yang bersifat mutlak, kekal, tidak terlihat dan berkuasa, maka Jesus tidak mungkin bisa menjadi sifat yang sama sebagaimana sifat Tuhan.

Argumen Arius ini tidak dapat dilawan lagi, maka mulai tahun 321 M Arius dikenal sebagai seorang presbyter pembangkang. Ia mendapat banyak dukungan dari Uskup-uskup daerah Timur. Hal ini membuat Alexandria (yang pernah menghukum mati Origen tahun 250 M) menjadi semakin marah.

Arius pula orangnya yang sangat menentang keras keputusan Nicea pada tahun 325 M, sehingga senantiasa mendapatkan tantangan dari orang-orang gereja Paulus. Pada tahun 336 Arius dibunuh di Constantinopel dalam satu muslihat yang licik.

Setelah pembunuhan ini segala usaha menentang trinitas dilawan habis-habisan. Naskah Injil diseragamkan. Naskah yang tidak sama dengan pihak Gereja Pauline dimusnahkan, dihapuskan di bumi Kerajaan Romawi. Inilah sejarah awal tersesatnya ajaran Kristian.

Mengenai Bible (2)

Dalam persidangan Nicea, beberapa Doktrin diperkenalkan, diantaranya Doktrin Trinitas dan Doktrin Penebusan Dosa. Konsep Trinitas sebenarnya telah direka oleh Athanasius, seorang pegawai Gereja Mesir dari Iskandariah, diterima oleh Majelis Nicaea pada 325 M.

Konsep Trinity [KeEsaan Tiga] ini serupa filsafat Plato, kepercayaan Yunani, ‘Neo – Platonisme” yang mempercayai “Tiga Kekuatan”. Kemungkinan doktrin trinitas tertulari kepercayaan Yunani kuno ini. Trinity yang di pelopori oleh Paulus merupakan ajaran agama Yunani- Romawi, yaitu kerajaan yang berkuasa di Rom pada masa itu. Jadi paham trinitas dari Katolik Roma atau pun aliran kristen yang lain jelas merupakan hasil proses masuknya ajaran lain dalam ajaran Isa, dan bukannya ajaran asli Nabi Isa sendiri !.

Begitu juga dengan Dokrin Penghapusan Dosa yang dipelopori Gereja Alexandria di mana mereka mengatakan bahwa Nabi Isa telah disalib demi tujuan menyelamatkan seluruh umat manusia. Ajaran ini juga jelas hasil proses masuknya ajaran agama romawi Kuno. Hari Minggu yang dianggap hari Suci bagi agama Kristian merupakan hasil pengaruh daripada Kepercayaan ini dan tanggal 25 Desember yang diperingati sebagai Natal, Sebenarnya merupakan tanggal kelahiran tuhan Matahari mereka yaitu “Mithra” dan jelas bukan tanggal lahir Nabi Isa.

Mulai tahun 1582 di Rheims, Bible diterjemahkan dari bahasa Latin berdasarkan Bible Versi Tyndale. (Yang digunakan Gereja Katolik Rom) juga dikenali sebagai Roman Katolik Version. Ini merupakan versi bible yang tertua yang dikenal.

Sejak itu sebanyak 4 kali terjemahan telah dibuat. Pada tahun 1611 King James I telah memerintahkan supaya dilakukan penulisan ulang karena terdapatnya pertentangan yang meragukan. Versi penulisan ulang ini kini dinamakan King James Version (KJV) yaitu dengan tidak memasukkan 7 buku kecil (bab). Versi ini selanjutnya dirilis ulang pada tahun 1881 dan diperbaharui pada tahun 1952 dan 1971. kedua Versi terakhir ini dinamakan Revised Standard Version (RSV).

Collin yaitu percetakan yang mengeluarkan Revised Standard Version ( RSV ) melaporkan bahwa :
“Meskipun begitu, Versi Raja James memiliki cacatan-cacat yang serius, dan cacat ini ada terlalu banyak dan terlalu serius sehingga satu penulisan ulang masih benar-benar diperlukan.”

Pada masa kini terdapat lebih kurang 1.500 naskah Bible pelbagai bahasa, telah diterjemahkan ke dalam bahasa ibu suatu negara dan ethniknya. Bagaimana pula jauhnya penyimpangan mengingat keterbatasan kosakata setiap bahasa? Dan manakah yang bisa dijadikan standar pengajaran?

Umat Kristian sendiri ada yang secara jujur dan arif mengakui bahwa Injil telah dinodai oleh tangan mereka sendiri. Bagaimanakah umat Kristian di Indonesia, apakah berani sejujur ini ? :

1. The Bible Society Of Singapore, Malaysia & Brunei 1987 Perjanjian Baharu Berita Baik Untuk Manusia Moden Pendahuluan
“…….Walaupun kandungan kitab-kitab ini berlainan, tetapi diseluruh kitab ini pokok fikirannya satu. Kesatuannya ialah bahwa kasih Allah telah dinyatakan kepada manusia dengan perantaraan Yesus Kristus.

“Tiap-tiap kitab didahului oleh pendahuluan, yang menerangkan pokokfikiran dan garis besar kitab itu. Ayat yang ditandai dengan [ ]bererti ayat tersebut tidak terdapat pada naskah perjanjian Baharu yang tertua dan terbaik.

Contoh ayat yang memiliki tanda [ ] dalam Perjanjian Baru :

1. Matius 6 : 13
[ Engkaulah raja engkaulah,dan engkaulah yang mempunyai kuasa dan kemuliaan selama-lamanya ]

2. Matius 23 : 14
[ alangkah dasyatnya bagi kamu guru-guru Taurat dan orang Farisi : kamu munafik! , kamu memperdayakan janda-janda dan merampas rumah-rumah mereka, lalu berpura-pura berdoa panjang-panjang, sebab itu, hukuman kamu akan menjadi lebih berat.! ]

3. Markus 7 : 15
[ Sebab itu, jika kamu bertelinga, dengarkanlah! ]

4. Markus 10 : 44 & 46
[ Di sana ulatnya tidak mati-mati dan apinya tidak padam-padam ] 44 [ Di sana ulatnya tidak mati-mati dan apinya tidak padam-padam ] 46

5. Lukas 17 : 36
[ Dua orang laki-laki yang sedang berada di ladang : seorang akan ,  seorang lagi ditinggalkan ]

6. Lukas 22 : 19 – 20
” inilah tubuhku [ yang diberikan untuk kamu. Buatlah sedemikian untuk memperingati aku.” ………. “cawan ini ialah perjanjian Allah yang Baharu, yang dimenteraikan dengan darahku, darah yang ditumpahkan untuk kamu ]

7. Lukas 22 : 43 – 44
[ Seorang malaikat tampak kepadanya dan menguatkannya karena penderitaan nya lebih tekun lagi dia berdoa, sehingga peluhnya menitik ke tanah seperti darah. ]

8. Lukas 23 : 17
[ Pada tiap perayaan paskah, Pilatus melepaskan seorang tahanan bagi rakyat ]

Bukti di atas merupakan sebagian saja yang telah ditambah dan berapakah jumlah ayat yang telah ditambah / dikurangkan sebenarnya? Tidak diketahui jumlahnya !. Sejarah telah jujur dan nyata membuktikan bahwa Injil telah mengalami banyak perubahan selama berabad-abad. The Revised Standard Version 1952 & 1971, The New American Standart Bible dan The New World Transalation Of The Holly scriptures telah menghapuskan beberapa ayat dalam The King James Version. Reader’s Digest telah mengurangi isi kandungan Kitab Perjanjian Lama sebanyak 50 % dan Kitab Perjanjian Baru sebanyak 25 %.

Persoalan yang timbul di sini ialah :
– Dari mana datangnya ayat di atas ?
– Siapa yang mengarang ayat tersebut ?
– Sebenarnya ayat mana saja yang masih perlu diuji kesahihannya?

“Di antara mereka itu ada satu golongan yang memutar belitkan lidahnya dengan (membaca) Kitab supaya kamu kira bahwa kitab itu dari Allah padahal ianya bukanlah dari sisi Allah dan sedang mereka berdusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui….” (Surah 3:78)

Contoh peristiwa besar yang bertentangan dengan akal atau ayat yang saling bertentangan :

1. Nabi Daud berzina dengan istri orang lain
II Samuel 11 : 4-5

“Dan Nabi Daud mengantar para utusan, dan mengambilnya (isteri Uriah); lalu ia datangi dan tidur bersama maka setelah perempuan itu membersihkan dirinya, lalu kembali ke rumahnya. Dan wanita itu telah hamil, lalu mengirim dan memberitahu Daud dan katanya saya bersama bayi”.

Mungkinkah ini ayat dari Allah? Atau ditulis oleh rasul suci ? pikirkanlah !

2. Nabi Nuh Mabuk dan Bugil
Kejadian 9 : 23 – 24

” Dan Shem dan Japhet mengambil sehelai pakaian, dan meletakan di atas bahu mereka, dan berjalan undur ke belakang dan menutup tubuh bapanya yang telanjang dan muka mereka membelakangi bapa mereka agar tidak melihat tubuh bapa mereka yang bugil itu. Dan Nuh tersadar dari araknya, dia tahu apa yang telah dilakukan oleh kedua anaknya”.

Apakah Allah mengutus Nabi Nuh yang digambarkan berperilaku seperti itu ? pikirkanlah ! Mungkinkah ini penyelewengan yang dilakukan Yahudi untuk menyesatkan kaum kristian?

3. Kematian Yudas Pengkhianat, bandingkan !
Matius 27 : 3 – 5

“… Bila Yudas melihat Yesus telah dijatuhkan hukuman mati, dia menyesal lalu dia mengembalikan 30 uang perak upahnya kepada imam Yahudi; dan berkata : Aku telah berdosa mengkhianati orang yang tidak berdosa sehingga dihukum mati. Yudas melempar uang itu ke dalam bilik sembahyang , lalu dia menggantungkan diri.

Kisah Para Rasul 1 : 18 – 19
Apa yang terjadi yaitu dengan uang yang diterima Yudas dari perbuatannya yang jahat itu, dia membeli sebidang tanah. Di situ dia tersungkur mati. Badannya terbelah dan perutnya terburai. Semua orang yang tinggal di Yerusalem mendengar kejadian ini.”

4. Misteri Malkisedik
Ibrani 7 : 1 – 3 :

“Adapun Malkisedik itu, yaitu raja di Salem dan Imam Allah Taala, yang sudah berjumpa dengan Ibrahim tatkala Ibrahim kembali daripada menewaskan raja-raja lalu diberkatinya Ibrahim.”

“Kepadanya juga Ibrahim sudah memberi bagian sepuluh esa. Makna Malkisedik itu kalau diterjemahkan, pertama-tama artinya raja keadilan, kemudian pula raja di Salem, yaitu raja damai.” Yang tiada berbapak dan tiada beribu, dan tiada bersilsilah dan tiada berawal atau berkesudahan hidupnya, melainkan ia disamakan dengan Anak Allah, maka kekallah ia imam selama-lamanya.”

Jelas sekarang, bahwa Malkisedik seorang raja di Salem tanpa bapa dan ibu, malah tiada silsilahnya. Apakah cerita yang disebutkan dalam Kitab Injil ini benar ayat dari Allah atau cuma dongeng purba atau dongeng sebelum bobo buat adik bayi kita supaya tertidur ?

Kalau umat Kristian memuja kehebatan Yesus, memujanya anak tuhan, bahkan Tuhan itu sendiri, yang tidak berawal serta berakhir, maka kenapa Malkisedik yang sakti mandraguna ini tidak diangkat sebagai salah satu cabang Tuhan juga ? mungkin bisa menjadi tokoh ke-4 memainkan peranan Tuhan.

Yesus ternyata tewas dibanding Malkisedik, Yesus masih dilahirkan oleh Mariam atas kekuasaan Tuhan Bapa, sementara Malkisedik tidak memiliki Bapa dan tidak memiliki ibu sama sekali, silsilahnya pun tidak ada.

Jika memang Malkisedik ini kekal. Dimana beliau sekarang berada dan apa yang tengah ia lakukan? Jadi masih mungkinkah kitab ini dipercaya, atau yang mempercayainya masih serupa mereka yang mempercayai keris, tanpa ilmu pengetahuan, hanya kebutaan ?

Mengenai Bible (3)

Kitab Suci / Holy Bible dalam agama kristen itu terbagi dalam dua bagian, yaitu : Old Testament (Perjanjian Lama) dan New Testament(Perjanjian Baru). Literatur kristen dalam bahasa Indonesia memanggil salinan kitab suci itu dengan “Alkitab”.

Biblia, yang merupakan Kitab Suci dalam agama Yahudi, dipanggil oleh pihak kristen dengan Perjanjian Lama dan merupakan bagian dari kitab suci agama kristen. Biblia itu terbagi atas tiga bagian : Torah dan Nebiim dan Kethubiim.

Kitab suci agama Yahudi itu disebut juga „Perjanjian“. Inti isinya termaktub dalam Sepuluh Perintah (Ten Commadments) seperti termuat dalam Keluaran (20: 1-12) dan dalam Ulangan (5:1-21), yang merupakan perjanjian Yahuwa dengan bani Israil.

Sepuluh Perintah itu termuat dalam dua buah Luh, yang dibawa turun oleh Nabi Musa dari puncak sebuah bukit batu di semenanjung Sinai, yang pada puncak yang terpandang suci itu Nabi Musa menerimakan perjanjian dari Allah Maha Kuasa (Yahuwa)

Di dalam hubungan perjanjian Yahuwa dengan bani Israil itu, Kitab Suci Al-Qur’an dari agama Islam menyebut „Perjanjian“ tersebut dalam berbagai Surah dengan al-Mitsaq , (Baqarah, 27; Ra’ad, 27; Nisak, 153; Maidah, 15; Baqarah, 63, 84,93; dan berbagai Surah lainnya), yang bermakna: Perjanjian.

Karena pihak kristen berpendirian bahwa ketetapan yang diberikan Allah Maha Kuasa kepada Jesus (Isa Al-Masih) itu pun merupakan perjanjian, maka lahir dua istilah dalam dunia kristen, yaitu : Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Perjanjian Baru / New Testament

Perjanjian Baru merupakan kitab suci yang paling azasi dalam agama kristen sekalipun dunia kristen itu mengakui kitab suci agama Yahudi merupakan bagian dari kitab sucinya juga.

Perjanjian Baru itu terbagi atas empat bagian :

1. Gospels (himpunan Injil) terdiri atas empat Injil :
a. Injil Matius, karya Matius.
b. Injil Markus, karya Markus.
c. Injil Lukas, karya Lukas.
d. Injil Yahya, karya Yahya.

2. Acts of Apostles (Kisah Rasul-Rasul) terdiri atas sebuah kitab saja, yang merupakan karya Lukas.

3. Epistles (himpunan Surat) terdiri dari 14 buah Surat Paulus (Rum, Korintus Pertama, Korintus Kedua, Galatia, Epesus, Pilipi, Kolose, Tesalonika Pertama. Tesalonika Kedua, Timotius Pertama, Timosius Kedua, Titus, Pilemon, Ibrani, 1 buah Surat Yakub (James), 2 buah Surat Peterus, 3 buah Surat Yahya, 1 buah Surat Yahuda.

4. Apocalypse (Wahyu) terdiri’ atas sebuah kitab saja, yang merupakan karya Yahya.

Perbandingan luas isi dari keempat-empat bagian itu, dengan meminjam Kitab Perjanjian Baru cetakan 1955 yang diterbitkan Gedung Alkitab di Jakarta, tercatat sebagai berikut :

Injil Matius ———— : 93 halaman
Injil Markus ———– : 60 halaman
Injil Lukas ————- : 97 halaman
Injil Yahya ————- : 74 halaman
Kisah Rasul-Rasul – : 90 halaman
Surat Paulus ——— : 216 halaman
Surat-surat lain —— : 43 halaman
Kitab Wahyu ——— : 45 halaman
jumlah ====== : 718 halaman

Melihat perbandingan luas isi di atas dapat disimpulkan suatu fakta bahwa himpunan Surat-Surat Paulus itu merupakan bagian yang sangat dominan di dalam Perjanjian Baru itu.

Synoptic Gospels

Keempat Injil di atas itu adalah tulisan empat tokoh mengenai peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Jesus, semenjak lahir sampai menjalankan missinya dalam wilayah Galelia (Palestina Utara) dan terakhir dalam wilayah Judea (Palestina Selatan).

Tiga Injil yang pertama (Matius, Markus, Lukas) itu disebut dengan Synoptic Gospels, yakni Injil-Injil yang hampir bersamaan isinya.

Sekalipun dijumpai perbedaan-perbedaan kecil di sana sini mengenai urutan Silsilah, urutan Kejadian, ragam Peristiwa, akan tetapi dalam rangka keseluruhannya hampir bersamaan.

Kalangan Sarjana-sarjana-Bible (Biblical Scholars), yang melakukan penelitian secara intensif terhadap satu persatu Injil itu, menyimpulkan bahwa masing-masing penulis Injil sama-sama memungut dari suatu Sumber Asal, akan tetapi Sumber-Asal (Q) itu sudah tidak dijumpai kini dan tidak dikenal sama sekali.

Sebaliknya Injil Yahya mempunyai cara sendiri di dalam mengisahkan kehidupan beserta missi dari Jesus itu. Baikpun urutan Kejadian maupun ragam peristiwa agak jauh berbeda dengan 3 Injil yang disebut Synoptic Gospels itu.

Perbedaan lainnya bahwa 3 lnjil yang pertama itu bercerita dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami, akan tetapi Injil Yahya telah dipenuhi oleh ungkapan-ungkapan filosofis.

Perbedaan lainnya yang sangat tajam sekali ialah mengenai lama missi yang dijalankan Jesus dalam wilayah Galelia dan wilayah Judea itu. 3 Injil pertama bercerita bahwa Jesus Kristus itu menjalankan missinya dalam masa satu kali Perayaan Paskah, lalu tertangkap pada masa perayaan Paskah itu di Jerusalem. Jadi, Jesus menjalankan missinya dalam tempo lebih kurang satu tahun saja.

Tetapi Injil Yahya bercerita bahwa Jesus Kristus itu menjalankan missinya dalam masa tiga kali Perayaan Paskah, dan terakhir ditangkap dalam Perayaan Paskah di Jerusalem. Jadi menurut Yahya, Jesus Kristus menjalankan missinya dalam tempo 3 tahun, bukan satu tahun seperti keterangan ketiga Injil yang tergolong Synoptic Gospels itu.

Keempat Injil itu disusun penulisnya di dalam bahasa Greek kuno (Yunani). Sedangkan Jesus Kristus lahir dan hidup dalam lingkungan masyarakat Yahudi di Palestina, yang dewasa itu berada di bawah kekuasaan imperium Roma, dan menjalankan missinya dalam lingkungan masyarakat Yahudi itu, yang dewasa itu cuma mengenal dan mempergunakan bahasa Arainik yaitu suatu dialek dari bahasa Ibrani (Yahudi).

Nazarenes dan Christians

Pengikut Jesus yang pertama sekali terdiri atas kelompok-kelompok Yahudi dalam wilayah Galelia maupun Judea, yang oleh kalangan Sarjana-sarjana Bible (Biblical Sholan) disebut dengan Early Christians, yakni Orang kristen yang pertama sekali.

Pada masa hidup Jesus sendiri maupun masa berikutnya belum dikenal sebutan orang kristen (Christianis). Mereka itu cuma disebut oleh kalangan lainnya, terutama oleh pihak-pihak yang menantang Jesus, dengan sebutan Nazarenes. Yakni para pengikut Nazareth. Hal itu disebabkan Jesus sekalipun dilahirkan di Bethlehem, akan tetapi keluarganya menetap di kota-kecil Nazareth dalam wilayah Galelia.

Oleh sebab itulah para mukmin pertama itu disebut pihak lawannya dengan pengikut orang Nazareth atau Nazarenes. Dari sebutan Nazarenes itulah lahir sebutan Nashara dalam bahasa Arab dan sebutan Nasrani dalam bahasa Indonesia.

Sedangkan sebutan Christians (Kristen) baru muncul pada masa belakangan, jauh sepeninggal Jesus. Sebutan itu bermula lahir di kota besar Antiokia di Syria Utara, sewaktu Barnabas dan Paulus menjalankan missinya di kota besar itu, yang mempunyai kedudukan sebagai ibukota imperium Roma untuk wilayah belahan Timur.

Disebabkan Barnabas dan Paulus di dalam missinya tidak henti-hentinya menyatakan dan menegaskan bahwa Jesus itu adalah Christos (AI-masih) maka orang sekitarnya memanggilkan mereka itu dengan para pengikut Kristus (Christians). Dari situlah lahir sebutan Orang kristen di dalam bahasa Indonesia.

Jesus wafat, menurut A. Powell Davies di dalam The First Christian cetakan 1957 halaman 13, sekitar tahun 29 Masehi. Pendapat itu dikukuhkan oleh Hugh J. Schonfield dalam The Authentic New Testament cetakan 1958 halaman XIV.

Sedangkan peristiwa pada kota-besar Antiokia itu terjadi, menurut Hugh J. Schonfield, sekitar tahun 46-48 masehi. Jadi Iebih kurang dua puluh tahun sepeninggal Jesus barulah muncuI sebutan Christians (orang Kristen).

Early Christians (Kristen Pertama) dan Gentile Christians (Orang Kristen Asing / Berikutnya)

Pada akhirnya pecah sengketa sengit antara Barnabas dengan Paulus pada kota-kota besar Antiokia itu (Kisah Rasul-Rasul, 15 :39), dan juga Peteros dengan Paulus pada kota-besar Antiokia itu ia, 2: 11-21 ). Inti pokok yang menyebabkan sengketa itu tidak pernah dijelaskan di dalam Kisah Rasul-Rasul, akan tetapi hal itu akan dicoba dijelaskan dalam uraian berikut.

Karena sengketa sengit itu Paulus bersama Silas meninggalkan kota-besar Antiokia untuk selama-lamanya (Kisah Rasul-Rasul, 15:40-41) menuju Asia Kecil dan Makedonia dan semenanjung Achaia (Grik) guna mengembangkan ajarannya dalam lingkungan orang Grik dan mereka itulah yang disebut dengan Gentile Christians (Orang kristen Asing).

Sebutan itu lahir dalam dunia kristen untuk membedakan kelompok Pengikut yang Baru itu dengan Kristen Petama, Early Christians, yakni para pengikut Jesus Kristus yang mula-mula dalam lingkungan masyarakat Yahudi di Palestina, yang disebut dengan Nazarenes itu.

Para pengikut yang pertama diyakini telah musnah sebagian besarnya pada masa pemberontakan total bangsa Yahudi di Palestina terhadap penindasan imperium Roma, yang berlangsung sepuluh tahun lamanya, yaitu antara tahun 65 sampai 75 masehi. Legiun X dari pihak Roma melakukan pembunuhan-pembunuhan massal (massacre) pada perkampungan-perkampungan Yahudi di seluruh Palestina, kecuali yang sempat melarikan diri ke lembah Mesopotamia dan Arabia Selatan dan berbagai wilayah lainnya.

Sewaktu Panglima Titus pada tahun 70 masehi berhasil merebut dan menguasai benteng pertahanan terakhir dari pihak Yahudi, yaitu Kota Suci Jerusalem, maka berlangsung pembunuhan massal lagi. Panglima Titus bertindak menghancurkan Bait Allah di atas bukit Zion, yakni Bait Allah yang terkenal megah dan agung itu, yang pada masa dulu bermula dibangun oleh Nabi Sulaiman dan dikenal dengan Kuil Sulaiman (Solomon’s Temple).

Panglima Titus mengumumkan wilayah Jerusalem dan sekitarnya dikuasai kini oleh pihak imperium Roma dan wilayah tersebut diberi nama dengan : Aeliae Capitolae. Semenjak tahun 70 masehi itu setiap orang Yahudi tidak di izinkan memasuki wilayah Aelice Capitolae itu.

Semenjak pemberontakan total yang gagal itulah dikenal dalam sejarah bangsa Yahudi dengan Great Diaspora, yakni masa memencar tanpa tanah air. Pada masa yang sangat tragis itu diyakini kelompok-kelompok pengikut Jesus yang pertama-tama (Early Christians) ikut musnah. Kecuali kelompok kecil yang sempat meliputkan dirinya ke kota Pella di seberang sungai Jordan, yang pada masa belakangan dikenal dengan sekte Ebionites yang mempunyai Injil sendiri yang dikenal dalam sejarah dengan Ebionite Gospel (Injil Ebionites), yang isinya jauh berbeda dengan Injil-Injil yang menjadi pegangan dunia kristen pada masa berikutnya dan kini.

Karena kelompok yang pertama-tama dapat dikatakan telah musnah pada masa pemberontakan itu maka berkembanglah kelompok pengikut yang baru, dibawah ajaran Paulus, yaitu Gentile Christians (Orang Kristen Asing).

Disadur dari : http://www.fatimah.org/

http://tausyah.wordpress.com

Komentar
  1. […] Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubun… […]

  2. sudiyono mengatakan:

    MUNGKINKAH KITA DAPATKAAN KITAB ZABUR DAN TAURAT YANG ASLI KITA DAPATI, SEPERTI AL QURAAN? KEINGIN TAUAN SAYA SELAMA INI SULIT TERJAWAB, BUTUH PENELITIAN MENDAALAM DAR MUI MISALNYA UNTUK MENCARI KITAB ZAABUR,TAURAT YANG ASLI, KEMUDIAN TERJEMAHKAN KE BHS. INDONESIA DAN DIPULIKASIKAN PADAUMAT.

    • tausiyah mengatakan:

      Wallahu A’lam Bish showab
      Sesungguhnya mereka ( Tokoh Pendahulu Nasrani) telah melenyapkan injil Nabi Isa Al Masih lagi mengubah kitab – kitab yang turun sebelum mereka (Taurat, Zabur) hingga terpecahlah kitab itu bermacam-macam adanya oleh sebab tangan-tangan mereka. jika Islam hanya memiliki 1 Kitab Suci maka kitab mereka menjadi belasan jumlahnya. Naudzubillahi min dzalik
      Sesungguhnya ALLAH Azza Wa Jalla Maha Mengetahui segala daya dan upaya mereka (Ummat Nasrani) sedang mereka tiada sadar..

  3. […] The busiest day of the year was December 8th with 541 views. The most popular post that day was Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubun…. […]

  4. […] aktivitas REBANA belum terbukti menyebarkan barang-barang cetakan yang memropagandakan agama Kristen. Tapi mereka telah melakukan pengaburan identitas antara Islam dan Kristen. Istilah REBANA yang […]

  5. […] menjawab, “Ayahku benar, karena aku tidak pernah mau mendengar berita dan cerita orang yang tidak membuat ridha Allah. Ayahku juga mengatakan kepadamu bahwa aku bisu dan lumpuh, bukan ?” ungkap istrinya […]

  6. […] Injil-injil yang telah ditulis, yang dirahasiakan oleh kalangan Gereja karena bertentangan dengan ajaran Paulus, dan disebut bacaan rahasia, antara lain : 1. Injil Andreus (Gospel of Andrews) 2. Injil […]

  7. […] Tidak Berjilbab, Makna Jilbab Serta Dalil Pakaian Syar'i Yang Selayaknya Bagi Tiap-Tiap MuslimahSejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubun…Mengenai Rukun Akad Nikah, Syarat – Syarat, Mahar (Mas Kawin) Dan Walimatul 'Ursy (Resepsi […]

  8. […] Yesus Adalah Allah Maupun Anak Allah Dan Pertalian Ajaran Islam ( Qur'an ) Dengan Injil BarnabasSejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubun…Dalam Hadist Hudzaifah bin As-yad al-Ghifary Radhiyallahu Anhu Mengenai 10 (Sepuluh) Tanda-Tanda […]

  9. […]  keluarga  terkejut.  Gadis  kecil  ini  sedang  menghadapi musibah yang bertubi-tubi dan dia tetap sabar dan ikhlas dengan apa yang ditetapkan Allah […]

  10. […] website maupun situs tersebut raib dan hilang dari peredaran, sepertinya ada unsure kesengajaan dan alasan yang tersembunyi dibalik penghapusan website tersebut.Yang juga cukup membuat geger para […]

  11. […] website maupun situs tersebut raib dan hilang dari peredaran, sepertinya ada unsure kesengajaan dan alas an yang tersembunyi dibalik penghapusan website terssebut.Yang juga cukup membuat geger […]

  12. […] kehidupan manusia, dengan dia (Pintu) itu hingga engkau dapat berlindung dari sekalian kejahatan malam dan siang didalam rumahmu. Pintu adalah suatu pemberi kabar bagimu atas sekalian apa-apa yang […]

  13. […] Serta Bertaubatlah Selagi Jasad Masih Bernyawa « Tausiyah In Tilawatun Islamiyah pada Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubun…Perjanjian Nafs (Alam Ruh) Dan Bingkisan Manusia Untuk ALLAH, Dibalik Dua Pintu Manusia Dunia Dan […]

  14. Cie Puccy mengatakan:

    intinya……dari dulu kita sdh tau mn agama, atau pun bangsa yg tdk baik pasti d musnahkan dr hadapan-Nya..
    jelas asal usulnya itu tidak menjanjikan baik ke depannya… saya rasa setiap org pasti pernah mengalaminya..

    • Asssalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh..

      benar ukhti..tapi kebanyakan manusia tidak bisa mengambil Ibrah maupun pengajaran pada masa hidupnya yang telah lalu, karena masa lalu adalah pengalaman/pengajaran, masa sekarang adalah yang harus dihadapi sedang masa esok hari adalah dalam rencana. Syukron untuk komentarnya ukhti ^_^

  15. […]  itu,  maka  Rasulullah  s.a.w.  pun  menangis mengingatkan  betapa benarnya kata-kata orang Arab badwi itu, air mata beliau meleleh membasahi Janggutnya. Karenanya Malaikat Jibril turun […]

  16. […] alam semesta. Waktu-waktu shalat yang kita lakukan sangat sesuai dengan kaidah dan ketentuan sistem terapi dalam ilmu kesehatan […]

  17. Yoas Silas mengatakan:

    Penulis mengira copasan yg begitu panjang bisa membuktikan kebenaran asumsinya ……Tulisan diatas jelas2 tidak kredibel …sebab cuman copy paste dari blog islam lainya ….tidak mempunyai sumber2 yg netral ….kaloo memang benar Al-kitab telah dipalsukan ..knafa awoh kalian memerintahkan spy umat muslim beriman pada Taurat dan Injil ???? emang awoh gak tau kaloo kitab2 tdb sdh palsu ..???? …hhmmmmm….:-)

    • anda non muslim ya..?? wajar saja jika anda tidak tahu dan tidak pula faham terhadap apa yang disebut dengan zabur, taurat, injil dan Al-Qur’an, karena keempat kitab tersebut berasal dari Tuhan yang sama yaitu ALLAH Tabaraka wa Ta’ala karenanya Ummat Muslim diseluruh dunia wajib beriman kepada keempat kitab tersebut.

      berikut penjelasan dari keempat kitab tersebut :

      Zabur

      Firman ALLAH Ta’ala :
      إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِن بَعْدِهِ وَأَوْحَيْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالأَسْبَاطِ وَعِيسَى وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُوراً

      Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma`il, ishak, Ya`qub dan anak cucunya, `Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. An-Nisaa':163.

      namun apa yang disebut dengan zabur ? jawab : zabur adalah nama dari wahyu yang ALLAH turunkan kepada utusan-Nya Nabi Daud Alaihissalam, karenanya yang disebut dengan zabur bukan semata-mata sebuah kitab yang langsung diturunkan kepada nabi Daud Alaihissalam, melainkan adalah nama dari wahyu tersebut.

      taurat

      Firman ALLAH Ta’ala :
      وَإِذْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَالْفُرْقَانَ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ
      Dan (ingatlah), ketika Kami berikan kepada Musa Al Kitab (Taurat) dan keterangan yang membedakan antara yang benar dan yang salah, agar kamu mendapat petunjuk. Al-Baqarah :053.

      وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَقَفَّيْنَا مِن بَعْدِهِ بِالرُّسُلِ وَآتَيْنَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنَاتِ وَأَيَّدْنَاهُ بِرُوحِ الْقُدُسِ أَفَكُلَّمَا جَاءكُمْ رَسُولٌ بِمَا لاَ تَهْوَى أَنفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقاً كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقاً تَقْتُلُونَ
      Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami telah menyusulinya (berturut-turut) sesudah itu dengan rasul-rasul, dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mu`jizat) kepada `Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul-Qudus. Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu angkuh; maka beberapa orang (di antara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh? Al-Baqarah : 087.

      نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنزَلَ التَّوْرَاةَ وَالإِنجِيلَ
      Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur’an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil. Ali-‘Imran:003.

      dan sebagainya

      namun apa yang disebut dengan taurat ? jawab : taurat adalah nama dari wahyu yang ALLAH turunkan kepada utusan-Nya Nabi Musa Alaihissalam, karenanya yang disebut dengan taurat bukan semata-mata sebuah kitab yang langsung diturunkan kepada nabi Musa Alaihissalam, melainkan adalah nama dari wahyu tersebut.

      Injil

      Firman ALLAH Ta’ala :

      الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْرِفُونَهُ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَاءهُمْ وَإِنَّ فَرِيقاً مِّنْهُمْ لَيَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

      Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. Al-Baqarah :146.

      وَقَفَّيْنَا عَلَى آثَارِهِم بِعَيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَآتَيْنَاهُ الإِنجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِينَ
      Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israil) dengan `Isa putera Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. Al-Maaidah : 046.

      إِذْ قَالَ اللّهُ يَا عِيسى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِي عَلَيْكَ وَعَلَى وَالِدَتِكَ إِذْ أَيَّدتُّكَ بِرُوحِ الْقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلاً وَإِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالإِنجِيلَ وَإِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ بِإِذْنِي فَتَنفُخُ فِيهَا فَتَكُونُ طَيْراً بِإِذْنِي وَتُبْرِئُ الأَكْمَهَ وَالأَبْرَصَ بِإِذْنِي وَإِذْ تُخْرِجُ الْمَوتَى بِإِذْنِي وَإِذْ كَفَفْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَنكَ إِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُواْ مِنْهُمْ إِنْ هَـذَا إِلاَّ سِحْرٌ مُّبِينٌ
      (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: “Hai `Isa putra Maryam, ingatlah ni`mat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) di waktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup padanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah), waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata.” Al-Maaidah :110.

      dan lain sebagainya

      namun apa yang disebut dengan Injil ? jawab : Injil adalah nama dari wahyu yang ALLAH turunkan kepada utusan-Nya Nabi Isa Alaihissalam, karenanya yang disebut dengan Injil bukan semata-mata sebuah kitab seperti buku yang langsung diturunkan kepada nabi Isa Alaihissalam, melainkan adalah nama dari wahyu tersebut.

      Al-Qur’an

      وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
      Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Al-Baqarah : 023.

      قُلْ مَن كَانَ عَدُوّاً لِّجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللّهِ مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ
      Katakanlah: Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. Al-Baqarah :097.

      شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

      (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. Al-Baqarah : 185.

      لَّـكِنِ الرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ مِنْهُمْ وَالْمُؤْمِنُونَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنزِلَ إِلَيكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَالْمُقِيمِينَ الصَّلاَةَ وَالْمُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالْمُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ أُوْلَـئِكَ سَنُؤْتِيهِمْ أَجْراً عَظِيماً
      Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mu’min, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Qur’an), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar. An-Nisa':162.

      يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءكُم بُرْهَانٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَأَنزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُوراً مُّبِيناً
      Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mu`jizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur’an).An-Nisa':174.

      dan sebagainya

      namun apa yang disebut dengan Al-Qur’an ? jawab : Al-Qur’an adalah nama dari wahyu yang ALLAH turunkan kepada utusan-Nya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, karenanya yang disebut dengan Al-Qur’an bukan semata-mata sebuah kitab seperti buku yang langsung diturunkan kepada nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, melainkan adalah nama dari wahyu tersebut.

      karenanya wahyu ataupun kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud, Musa dan Isa Alaihissalam telah disampaikan kepada ummat-ummat dimasa para beliau di utus, namun tidak ada riwayat yang mengatakan bahwa nabi-nabi ALLAH tersebut memerintahkan kepada ummatnya untuk menuliskan wahyu/kitab setiap kali ayat/wahyu tersebut diturunkan melainkan hanya ada pada ingatan ummat dimasanya yang secara perlahan mulai hilang dari ingatan atau jikapun ingat namun bukan dengan ayat yang sempurna. kecuali Nabi Muhammad Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam yang memerintahkan kepada para sahabat dan pengikutnya untuk mengingat maupun menuliskannya di batu, kulit onta, pelepah pohon dan sebagainya lengkap dengan waktu setiap ayat tersebut diturunkan, yang kemudian di masa khalifah umar bin khattab, Umar mulai memerintahkan kepada kaumnya untuk menyalin seluruh ayat-ayat al-qur’an tersebut namun sayang belum selesai dalam penyusunan Al-qur’an namun beliau sudah wafat, hingga kemudian kekhalifahan dilanjutkan oleh Ustman Bin Affan, yang kemudian dimasa beliaulah yang dengan ilmunya menyusun setiap ayat / wahyu tersebut hingga menjadi satu kitab yaitu Kitab Suci Al-Qur’an.

      Karenanya kami ummat islam beriman kepada yang diturunkan ALLAH kepada Nabi daud, Musa dan isa Alaihissalam yang merupakan wahyu yang ALLAH turunkan pada masing-masing masa beliau di utus dan para beliau telah menyampaikan wahyu-wahyu tersebut kepada ummatnya masing-masing, karenanya kitab taurat dan injil yang sekarang bukan lagi tauratnya nabi Musa dan bukan pula Injil nabi isa, melainkan hanya tinggal nama dan tidak shahih, seperti injil yang ada sekarang bagaimana bisa menjadi injil matius, markus, lukas dan yohannes dan bukan Injil Isa (nabi Islam Isa Al-masih Alaihissalam atau yesus dalam sebutan kristen), belum lagi dengan kitab – kitab yang lain yang bahkan sudah puluhan kitab jumlahnya atau bahkan sudah ratusan seiring masa sudah banyak yang dimusnahkan, dan melahirkan kitab-kitab baru sesudahnya. karenanya, kami Ummat Muslim hanya mengimani Injil isa Alaihissalam dan bukan injil – injil yang lain juga yang ada sekarang. Wallahu Ta’ala A’lam.

  18. Ryoshi Kurokage mengatakan:

    hmmm, sebenernya, apa yang di katakan alkitab ini adalah benar adanya. dan kita pun tahu nabi mohamad pun ga bisa baca dan “al-quran juga di susun oleh orang lain setelah 20 tahun nabi mohamad wafat” (ini aq dengar di TV beberapa bulan yg lalu) kalau ditangkan di TV kan sudah melalui banyak sensor apalagi indonesia ini banyak sekali sensornya, itu juga bisa menimbulkan dugaan al-quran isinya di belokan dan di sesatkan.

    • seperti komen atas..

      sedari turunnya ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh malaikat Djibril Alaihissalam kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, tidak ada yang merubah ayatnya maupun kalimatnya sampai pada sekarang ini. dan tidak akan ada yang bisa merubah ayat-ayat suci Al-Qur’an, karena tidak mungkin merubah Al-Qur’an milik seluruh muslimin dan muslimah dimuka bumi,dan karena ALLAH Tabaraka wa Ta’ala senantiasa menjaga dan memeliharanya :

      Firman ALLAh Ta’ala :

      إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

      Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. Al-Hijr : 009.

  19. irwandizakaria-blog mengatakan:

    […] alam semesta. Waktu-waktu shalat yang kita lakukan sangat sesuai dengan kaidah dan ketentuan sistem terapi dalam ilmu kesehatan […]

  20. […] apakah pandangan muslim ttg Injil dalam bahasa Yunani (termasuk penulisan INJIL Itu sendiri)?http://tausyah.wordpress.com/2010/08/17 … an-paulus/Kitab ini diturunkan pada Nabi Isa a.s dalam bahasa Yahudi Kuno (Ibrani). Kitab pertama yang asli […]

  21. […] apakah pandangan muslim ttg Injil dalam bahasa Yunani (termasuk penulisan INJIL Itu sendiri)?http://tausyah.wordpress.com/2010/08/17 … an-paulus/Kitab ini diturunkan pada Nabi Isa a.s dalam bahasa Yahudi Kuno (Ibrani). Kitab pertama yang asli […]

  22. […] kehidupan manusia, dengan dia (Pintu) itu hingga engkau dapat berlindung dari sekalian kejahatan malam dan siang didalam rumahmu. Pintu adalah suatu pemberi kabar bagimu atas sekalian apa-apa yang […]

  23. semoga anda mendapat berkat dari pembicaraan di bawah ini

    Ompong Says:

    May 15, 2013 at 7:26 pm
    @Yudha
    Ya memang.. surat Ali Imran ayat 55 telah banyak menimbulkan perselisihan diantara kalangan ahli tafsir.

    Buya Hamka didalam bukunya “Tafsir Al-Ahzar” juz III menulis:
    “Sebagian besar ahli tafsir mengatakan bahwa arti ayat tersebut bukanlah sebagaimana yang mula-mula dipahami. Tetapi inni mutawaffika artinya ialah sesungguhnya Aku akan mengambil engkau, jadi bukan berarti sesungguhnya Aku akan mematikan engkau. Tegasnya Isa a.s tubuh dan rohnya dalam hidup-hidup diambil Tuhan dari alam ini wa rafi’uka iliya dan mengangkat engkau kepada-Ku, artinya sesudah beliau diambil dari dunia ini lalu diangkat kelangit hidup-hidup. Dilangit itulah beliau sampai sekarang ini, dan diakhir zaman akan turun kembali kedunia membunuh Dajjal”

    Dan sebagian ahli tafsir adalagi berpendapat bahwa Isa memang wafat, tapi rohnyalah yang diangkat, tidak disertai badanya. Namun, kewafatanya bukan karena telah dibunuh oleh orang kafir, tapi hanya wafat seperti biasa. Dan adalagi yang berpendapat bahwa kata kata “warafi’uka ilayya”, dan mengangkat kemuliaan rohaninya setelah meninggal.
    =========================================

    ﴾ Ali Imran:55 ﴿
    (Ingatlah), ketika Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya”

    saya salut anda jujur mengakui tafsir ayat itu masih menimbulkan
    banyak perselisihan

    bung ompong, apapun tafsiran anda sebenarnya jika anda mau merendahkan diri belajar dari ALKITAB maka disana lah letak JAWABAN
    atas tafsir ayat tersebut,

    kenapa saya berkata anda belajar kepada ALKITAB????

    dan sesuai pertanyaan @jack

    ahl;i alkitab yang mana??????????????????

    perhatikan ayat alquran ini masih sangat SEGAR menyerukan
    agar mempelajari TAURAT DAN INJIL, serta mengingatkan
    akan adanya perubahan pada INJIL YESUS sesuatu makanan
    yang sudah diHALALKAN

    ﴾ Ali Imran:48 ﴿
    Dan Allah akan mengajarkan kepadanya(isa) Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

    ﴾ Ali Imran:50 ﴿
    Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku

    ﴾ Ali Imran:51 ﴿
    Sesungguhnya Allah(YAHWE), Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus”.

    ====================================

    JADI FUNGSI ALQURAN( WAHYU MUHAMMAD) adalah agar kaumnya
    beroleh INJIL dan diselamatkan agar belajar kepada alkitab

    dan ahli2 alkitab yang sudah ada sebelum kepemimpinan
    MUHAMMAD sebagai pemimpin PASUKAN PERANG arab
    yaitu pada tahun 700 masehi GEREJA SUDAH banyak berdiri
    serta sekte2 juga sudah sangat banyak

    ﴾ Ali Imran:3 ﴿
    Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; MEMBENARKAN KITAB yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil

    ﴾ Yunus:94 ﴿
    Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam KERAGU RAGUAN tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang RAGU RAGU

    ﴾ Al Maidah:46 ﴿
    Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab INJIL sedang didalamnya (ada) PETUNJUK DAN CAHAYA (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa

    perhatikan PETUNJUK DAN CAHAYA” penulis alquran SADAR BETUL
    akan INJIL itu apa???dan sangat yakin ada CAHAYA disana
    ====================================

    ﴾ Al Baqarah:97 ﴿
    Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; MEMBENARKAN apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman

    ﴾ Yusuf:111 ﴿
    Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi MEMBENARKAN (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai PETUNJUK dan rahmat bagi kaum yang beriman

    ﴾ Ali Imran:60 ﴿
    (Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang RAGU-RAGU.

    ======================================

    nah berikutnya PIHAK MUHAMMAD menemui ada beberapa ahli alkitab
    yang melenceng dan tidak sesuai dengan kebenaran

    dan saya JUJUR dalam hal ini kehidupan KRISTEN pada abad ke-7
    YAITU antara tahun 600( 606 AD ­ 7 Tahun Masa Kesusahan Besar )

    kehidupan kekristena sangat rusak
    KITA BISA LIHAT DARI SEJARAH GEREJA yaitu ZAMAN KEGELAPAN
    GEREJA

    http://sabda.org/artikel/gereja_tiatira_606_ad_7_tahun_masa_kesusahan_besar

    nah KERAGU2 AN akan kondisi gereja ini membuat muhammad
    tidak tahu harus bernaung KE SEKTE YANG MANA?????

    dan pada abad ini ALKITAB belum bisa dengan mudah dibaca
    seluruh jemaat masih hanya sekelas PASTOR dan pemimpin gereja
    yang berhak mengakses ALKITAB karena pada masa ini percetakan
    global belum ditemukan

    dan dari sana bisa kita baca alquran SEMUA KISAH nabi
    masih berbentuk hafalan2 semata, dan kisahnya belum
    dapat secara lengkap

    ((((((((cth:
    ” ingatlah ketika adam dan hawa””ingatlah YUNUS DIMAKAN IKAN”

    DAN SETERUSNYA))))))))

    akhirnya terjadi KRISI ALKITAB///KRISIS GEREJA””””””

    apalagi djaman ini aliran2 yang mengaku pengikut YESUS
    namun ajarannya berbeda

    cth saat ini saja ajaran palsu kristen di indonesia ada 3

    1. saksi yehuva(menolak yesus anggab yesus ban serab)
    2.cihld god(gereja setan)
    3.mormon ( kawin sejenis)

    ﴾ Ali Imran:66 ﴿
    Beginilah kamu, kamu ini (sewajarnya) bantah membantah tentang hal yang kamu ketahui, maka kenapa kamu bantah membantah tentang hal yang tidak kamu ketahui? Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.

    ﴾ Ali Imran:69 ﴿
    Segolongan dari Ahli Kitab ingin menyesatkan kamu, padahal mereka (sebenarnya) tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak menyadarinya.

    ﴾ Ali Imran:70 ﴿
    Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kamu mengetahui (kebenarannya).

    jadi himbauan kepada NASRANI!!!!!!!!!!

    buatlah hidupmu SEPADAN dengan INJIL”

    MAKA ORANG AKAN MELIHAT CAHAYA INJIL itu dari kehidupan kita

    • Candra Firmansyah mengatakan:

      anda mau mengatakan bahwa nabi Muhammad SAW mengarang sendiri Al’Quran dengan me refer kepada injil yang ada pada saat itu? bagaimana mungkin sedangkan Beliau sendiri orang yg buta hurup semenjak kecil dan bahkan beliau tidak pernah menuliskan Al’Quran dalam bentuk otentik karena hal tersebut saudara..

      dan andainya Beliau belajar pada ahli kitab bagaimana mungkin beliau bisa menghapal injil sedangkan sampai sekarangpun tidak satupun umat nasrani di dunia ini yg bisa menghapal injil?

      di sinilah letak kebesaran Allah untuk menafikan argumen yg menyatakan Al’Quran adalah buatan manusia dia menurunkannya pada seorang manusia yg buta hurup dan tentu saja tidak mengerti sastra dan keindahan dalam tata bahasa, namun seperti yg saudara lihat dan pahami bahwa tata bahasa Al’Quran sangat tinggi dan mampu di hapal oleh jutaan umat muslim di seluruh dunia bahkan oleh anak usia 5 tahun.

      salam

  24. Jack Says:

    May 16, 2013 at 7:18 am
    @Mbak yudha

    kan gue bilang mbak, kata Pisang mempunyai kata khusus nyang banyak mbak, begitu juga ahli kitab mbak. dan ahli kitab yang sekarang ini itu ahli kitab yang memble, ayatnya kan udah gue copasin mbak

    jadi lucu kalau sampeyan memaksakan umat islam untuk belajar pada taurat n injil sampeyan yg udah memble

    kok pertanyaan gue nggak dijawab sih, kepada siapa Muhammad belajar mbak????
    ===============================

    sory gua gak pernah maksa

    klo loh berDALIH bandingkan dengan PISANG

    pisang boleh banyak

    namun INJIL HANYA MILIK NASRANI

    jika ada injil selain itu buktikan bro

    nih lihat

    SIMAK NI QURAN MU brooo ayat ini yang maksa loh belajar pada

    ALKITABBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBB

    perhatikan ayat alquran ini masih sangat SEGAR menyerukan
    agar mempelajari TAURAT DAN INJIL, serta mengingatkan
    akan adanya perubahan pada INJIL YESUS sesuatu makanan
    yang sudah diHALALKAN

    ﴾ Ali Imran:48 ﴿
    Dan Allah akan mengajarkan kepadanya(isa) Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

    ﴾ Ali Imran:50 ﴿
    Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku

    ﴾ Ali Imran:51 ﴿
    Sesungguhnya Allah(YAHWE), Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus”.

    ====================================

    JADI FUNGSI ALQURAN( WAHYU MUHAMMAD) adalah agar kaumnya
    beroleh INJIL dan diselamatkan agar belajar kepada alkitab

    dan ahli2 alkitab yang sudah ada sebelum kepemimpinan
    MUHAMMAD sebagai pemimpin PASUKAN PERANG arab
    yaitu pada tahun 700 masehi GEREJA SUDAH banyak berdiri
    serta sekte2 juga sudah sangat banyak

    ﴾ Ali Imran:3 ﴿
    Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; MEMBENARKAN KITAB yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil

    ﴾ Yunus:94 ﴿
    Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam KERAGU RAGUAN tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang RAGU RAGU

    ﴾ Al Maidah:46 ﴿
    Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab INJIL sedang didalamnya (ada) PETUNJUK DAN CAHAYA (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa

    perhatikan PETUNJUK DAN CAHAYA” penulis alquran SADAR BETUL
    akan INJIL itu apa???dan sangat yakin ada CAHAYA disana
    ====================================

    ﴾ Al Baqarah:97 ﴿
    Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; MEMBENARKAN apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman

    ﴾ Yusuf:111 ﴿
    Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi MEMBENARKAN (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai PETUNJUK dan rahmat bagi kaum yang beriman

    ﴾ Ali Imran:60 ﴿
    (Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang RAGU-RAGU

  25. soerabaya mengatakan:

    lihat bro di al anissa (quran) ….bahwa semua menentukan kalian di alam baka tu hanya AL-MASIH SEORANG……!!!!!

    • Shalih Abdullah mengatakan:

      Yang mana Gan, maksudnya ayat ini ya gan…

      يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لاَ تَغْلُواْ فِي دِينِكُمْ وَلاَ تَقُولُواْ عَلَى اللّهِ إِلاَّ الْحَقِّ إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِّنْهُ فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرُسُلِهِ وَلاَ تَقُولُواْ ثَلاَثَةٌ انتَهُواْ خَيْراً لَّكُمْ إِنَّمَا اللّهُ إِلَـهٌ وَاحِدٌ سُبْحَانَهُ أَن يَكُونَ لَهُ وَلَدٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَات وَمَا فِي الأَرْضِ وَكَفَى بِاللّهِ وَكِيلاً

      Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, `Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara. An-Nisaa’ : 171.

      adanya cuma ayat itu yang nyebutin tentang Nabi Isa Al-Masih gan..

      btw..law ngen ngomong Qur’an harus ngerti asbabun nuzul ya gan..udah gitu harus bisa membedakan ayat-ayat yang muthasyabihaat dan ayat yang mukhtamat juga..n udah gitu harus tau juga perumpamaan-perumpamaan didalam al-qur’an.

      Sebagaimana Firman ALLAH Ta’ala didalam hadist Qudsyi :

      “sesungguhnya..Kami menempatkan perumpamaan-perumpamaan didalam Al-Qur’an, dan tiadalah seorangpun yang mengetahui kecuali orang – orang yang mendalam ilmu agamanya”.

      dan itulah hebatnya Al-Qur’an..yang tidak sembarang orang dapat memahami ayat-ayatnya dalam perkara apa ayat tersebut diturunkan, dan apakah ayat tsb sudah jelas pengertiannya atau masih butuh pengkajian yang lebih mendalam utk memahaminya.

      itulah bedanya kitab suci Al-Qur’an dengan semua kitab-kitab manusia didunia, ayat-ayatnya turun dengan jelas seperti yang disampaikan admin tersebut di atas.

      Miris memang..sejarah kitab injil justru ditemui di blog muslim, karena anda yang non muslim tentu belum pernah mendengar sejarahnya dimanapun bukan..??

  26. MirSu ACEH mengatakan:

    sangat bermanfaat untuk memperkuat iman saya tentang Islam! dan juga untuk makalah di sekolah saya! Terima Kasih….

  27. benuapoker mengatakan:

    KHUSUS HANYA REGISTER TERBARU DEPOSIT 10 RIBU DAPAT BONUS 50.000 CHIP TIDAK BERLAKU KELIPATAN DI DKIPOKER.COM

    SYARAT DAN KETENTUAN
    1.PROMO INI BERLAKU UNTUK REGISTER ID BARU DEPOSIT MIN. RP.10.000
    2.KLAIM PROMO BERLAKU 1X12 JAM APABILA TIDAK DI KLAIM MAKA
    TIDAK AKAN BISA MENGAMBIL BONUS PROMO
    3.KLAIM BONUS PROMO BERBENTUK KODE VOUCHER
    4.PEMAIN HANYA BISA MELAKUKAN WITHDRAW SETELAH TURNOVER
    MENCAPAI 30 x LIPAT DARI NOMINAL BONUS DEPOSIT
    5.APABILA SETELAH MENDAPAT KODE VOUCHER PEMAIN HARUS SEGERA
    MENGKLAIM KODE VOUCHER TERSEBUT ( baca cara klaim bonus promo dibawah)
    JIKA PEMAIN SUDAH MASUK KEDALAM PERMAINAN DAN BERMAIN BARU MENGKLAIM
    BONUS PROMO.. MAKA TIDAK AKAN KAMI LAYANI ALIAS HANGUS
    6.KEPUTUSAN PIHAK DKIPOKER TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT

    Cara Klaim bonus Opening Promo

    1. Terlebih dahulu harus melakukan Registrasi di DKIPOKER
    2. Masuk ke menu memo, tulis form Klaim voucher untuk Opening promo
    3. Kemudian Tunggu balasan Memo dari admin DKIPOKER akan memberikan kode voucher bonus .
    4. Setelah mendapatkan balasan dari admin masukan Kode voucher tersebut pada kolom keterangan di menu deposit .
    5. Gunakan selalu jasa Live Chat kami untuk kelancaran anda bermain

    http://www.dkipoker.com/dkipk/index.php

  28. Nishan Kohli mengatakan:

    Nishan Kohli

    Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubungan Kitab Tersebut Dengan Paulus | Tausiyah In Tilawatun Islamiyah

  29. UK Models mengatakan:

    UK Models

    Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubungan Kitab Tersebut Dengan Paulus | Tausiyah In Tilawatun Islamiyah

  30. Brandon Colker mengatakan:

    Brandon Colker

    Sejarah Tentang Kitab Injil Serta Para Penulisnya, Asal Sebutan Nama Kristen ( Christian ) Dan Hubungan Kitab Tersebut Dengan Paulus | Tausiyah In Tilawatun Islamiyah

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s